token pln gagal terus
Tips Mengatasi Token PLN yang Gagal Terus
Penggunaan listrik pra bayar merupakan solusi tepat dan efektif untuk mengurangi resiko adanya kelalaian dalam pencatatan penggunaan listrik sehari-hari. Selain itu dengan sistem pra bayar memungkinkan penggunanya untuk mengontrol pemakaian listrik sehingga bisa lebih hemat dan tepat guna. Dalam hal ini, pengguna lsitrik pra bayar tidak akan bisa menikmati fasilitas energi listrik jika belum membeli voucher listrik di beberapa tempat yang telah menyediakan fasilitas pulsa listrik pra bayar, seperti di kantor PLN, kantor Pos,
Toko atau kios pulsa yang menjual voucher listrik, hingga beberapa ATM bank yang sudah memiliki fasilitas tersebut. Namun di balik kemudahan dan kepraktisan penggunaan listrik pra bayar, ada kalanya token PLN justru gagal terus sehingga menimbulkan masalah atau error pada aliran lsitrik. Bisa dibayangkan jika alarm yang menandakan angka kWH sudah mencapai limit sementara token PLN gagal terus, selain berisik tentunya malu juga sama tetangga.
Penyebab token PLN gagal terus
Ada beberapa faktor yang menyebabkan token PLN gagal, yaitu:
1. Server mengalami masalah atau error
dalam hal ini maka langkah terbaik adalah menunggu hingga server kembali normal agar token bisa masuk ke meter digital.
Salah ID meter, dimana ID meter bersifat unik dan token yang sudah dibeli terhubung dengan ID meter, sehingga jika Anda salah dalam order dan hal itu dinyatakan valid oleh server maka kemungkinan token tidak bisa masuk ke ID meter. Oleh karena itu pastikan bahwa order anda sesuai dengan ID meter agar token PLN tidak gagal terus.
2. Pemasangan Instalasi lsitrik yang tidak tepat
Pemasangan instalasi listrik yang asal-asalan tentunya akan menimbulkan masalah tersendiri, selain kegagalan dalam memasukkan kode token, hal ini juga bisa menimbulkan resiko yang membahayakan seperti konsleting. Jika Anda mengalami hal ini maka sebaiknya segera menghubungi petugas PLN terdekat.
3. Adanya masalah pada Meter Prabayar
Ada beberapa permasalahan yang muncul pada meter Prabayar, diantaranya adalah jika Anda melihat tulisan “Periksa”, “Cancel”, Logo Relay lepas, Tangan Dadah, Blocked, CTL bahkan Meter mati, maka sebaiknya Anda segera menghubungi PLN 123 dan menjelaskan kondisi tersebut, karena jika tidak maka bisa dipastikan Anda tidak akan pernah bisa mengisi token PLN.
4. Salah memasukkan token listrik
Seperti halnya kesalahan pada ID meter, kesalahan dalam memasukkan token listrik bisa menyebabkab token PLN gagal, hal ini dikarenakan token tersebut bersifat unik sehingga harus sesuai. Kemungkinan Anda salah dalam memasukkan jumlah digit saat menekan keypadnya, bisa saja digit yang dimasukkan kurang atau bahkan lebih. Dan jangan heran jika Anda salah memasukkan token tersebut selama 3 kali maka akan diblocked secara otomatis, rugi kan? Nah, jika Anda mengalami hal ini maka sebaiknya segera menghubungi PLN terdekat agar permasalahan Anda bisa diatasi dengan baik.
5. KWH yang over limit
Jika dalam 1 bulan jumlah yang telah dimasukkan melebihi batas maksimal, maka hal ini pun bisa menyebabkan terjadinya kegagalam token PLN karena kemungkinan KWH over limit. Kondisi ini dimaksudkan agar sebagai pengguna energi listrik dari PLN bisa menggunakan listrik tersebut sesuai dengan limit yang ada. Selain itu diharapkan pengguna listrik bisa menggunakan lsitrik secara lebih bijak dan tidak berlebihan.
Nah, sebelum Anda uring-uringan karena token PLN gagal terus pastikan bahwa token yang Anda masukkan benar dan sesuai jumlah digitnya.
Beberapa keuntungan pemakaian listrik token PLN:
Lebih mudah mengontrol pemakaian listrik
moga aja bisa buat tambah tambah ilmu
METER LISTRIK PRABAYAR (TOKEN) PLN
Permasalahan Token PLN
PLN Menjamin 100% bahwa semua produk digital pulsa token PLN konsumen listrik
yang dihasilkan generator engine meter listrik bisa diinput pada semua jenis KWH meter
token, adapun permasalahan dilapangan yang sering terjadi adalah kendala teknis,
karena KWH token memiliki Intelegensi digital yang akurat,
dari mulai pendeteksian instalasi yang buruk, pemasangan arde ground tdk benar,
kelebihan beban pada kabel yg kurang sesuai dll, maka untuk memproteksi terjadi konsleting
(loncatan api) terkadang KWH token tidak bisa diisi pulsa dgn menunjukan eror kode seperti
dibawah ini, jika pengguna memahaminya maka bisa mencoba memperbaikinya sendiri dengan
kode-kode dibawah ini, dan jika tdk bisa ditangani sendiri maka hubungi pihak
kendala teknis PLN terdekat.
EROR Kode KWH Token PLN yang sering mundul
di merk (HEXING,CONLOG,STAR,ITRON dan merk lainya) adalah Kode : Periksa, salah, reject,
error : (Pastikan angka token yg dimasukan benar) jika no token sudah benar tapi masih ada
kendali dalam menginput token lakukan hal dibawah ini
Matikan KWH 1-3 menit, lalu masukan no token
PLN ada masalah pada Instalasi KWH Token lakukan reset dengan menekan 00 enter
jika KWH token tanpa ada tombol enter maka cukup masukan 00, maka KWH akan restart
dan masukan kembali No token (Kebanyakan metode ini berhasil)
Jika masih tdk bisa Hub. Kendala teknis PLN karena KWH mendeteksi kesalahan pada
instalasi listrik anda
Kode-kode KWH token secara umum
00 –>enter
–> reset meteran 07 –>enter
–>batas daya 09 –>enter
–>daya yg digunakan 90 –>enter
–>jumlah meteran tukar nyala 71–> enter
–>energi yang dibagi 03–> enter
–> sisa kwh 12399 mematikan Alrm buzzer (pada merk tertentu hanya mematikan 10 menit saja)
Kode Meteran PLN token (merk Hexing)
800 -> Stand Meter 801
-> Sisa Kredit 802
-> Tanggal 803 -> Jam 804
-> Nomor Seri KWH meter 805
-> SGC 806 ->
Alasan pemadaman 807
-> Status meter 808
-> Konstanta Meter (pulse/Kwh) 809
-> Berapa kali pemadaman 812
-> Matikan buzzer (jika diterapkan pada merk ITRON hanya mati 5-10 menit) 813 ->
Pemakaian KWH kemaren 814 ->
Pemakaian KWH berjalan 815 ->
Tanggal pengisian Credit terakhir 816 ->
Waktu pengisian terakhir 817 ->
Jumlah Credit dimasukan terakhir 820 ->
Token yang dimasukan terakhir 821 ->
Pemakaian KWH 1 bulan lalu 822 ->
Pemakaian KWH 2 bulan lalu 823 ->
Pemakaian KWH 3 bulan lalu 824 ->
Pemakaian KWH 4 bulan lalu 825 ->
Pemakaian KWH 5 bulan lalu 831 ->
Jumlah pengisian Credit 1 bulan lalu 832 ->
Jumlah pengisian Credit 2 bulan lalu 833 ->
Jumlah pengisian Credit 3 bulan lalu 834 ->
Jumlah pengisian Credit 4 bulan lalu 835 ->
Jumlah pengisian Credit 5 bulan lalu 851 ->
Total credit yang dimasukan ke Meter 852 ->
Token yang dimasukan 2 terakhir 853 ->
Token yang dimasukan 3 terakhir 854 ->
Token yang dimasukan 4 terakhir 855 ->
Token yang dimasukan 5 terakhir
SHORT CODE (HEXING)
801 SISA KWH
804 NOMOR SERI KWH METER
812 MEMATIKAN BUNYI BUZZER (ALARM)
818 NOMOR TOKEN TERAKHIR
852 NOMOR TOKEN KEDUA TERAKHIR
853 NOMOR TOKEN KETIGA TERAKHIR
854 NOMOR TOKEN KEEMPAT TERAKHIR
855 NOMOR TOKEN KELIMA TERAKHIR
CREDIT STATUS
WARNA HIJAU CREDIT MASIH SANGAT BANYAK
WARNA KUNING CREDIT MASIH CUKUP BANYAK
WARNA MERAH CREDIT SUDAH HAMPIR HABIS
WARNA MERAH BERKEDIP CREDIT SUDAH SANGAT KRITIS
SHORT CODE (ITRON)
37 SISA KWH
38 ENERGI KUMULTIF
41 TEGANGAN SAAT INI
47 DAYA SESAAT
54 KREDIT TOKEN TERAKHIR YANG DITERIMA
55 KREDIT TOKEN TERAKHIR KE-2 YANG DITERIMA
56 KREDIT TOKEN TERAKHIR KE-3 YANG DITERIMA
57 KREDIT TOKEN TERAKHIR KE-4 YANG DITERIMA
58 KREDIT TOKEN TERAKHIR KE-5 YANG DITERIMA
59 KREDIT KWH TERAKHIR
60 KREDIT KWH TERAKHIR KE-2
61 KREDIT KWH TERAKHIR KE-3
62 KREDIT KWH TERAKHIR KE-4
63 KREDIT KWH TERAKHIR KE-5
78 DURASI ALARM (WAKTU TUNDA DAPAT DIATUR MELALUI PAPAN TOMBOL
DENGAN KODE 123XXX, DENGAN XXX = WAKTU DALAM MENIT)
79 ALARM BATAS RENDAH KREDIT (PERINGATAN BATAS-RENDAH KREDIT
DAPAT DIATUR MELALUI PAPAN TOMBOL DENGAN KODE 456XX, DENGAN XX = ENERGI DALAM KWH, MINIMUM 05 KWH)
Penggunaan listrik pra bayar merupakan solusi tepat dan efektif untuk mengurangi resiko adanya kelalaian dalam pencatatan penggunaan listrik sehari-hari. Selain itu dengan sistem pra bayar memungkinkan penggunanya untuk mengontrol pemakaian listrik sehingga bisa lebih hemat dan tepat guna. Dalam hal ini, pengguna lsitrik pra bayar tidak akan bisa menikmati fasilitas energi listrik jika belum membeli voucher listrik di beberapa tempat yang telah menyediakan fasilitas pulsa listrik pra bayar, seperti di kantor PLN, kantor Pos,
Toko atau kios pulsa yang menjual voucher listrik, hingga beberapa ATM bank yang sudah memiliki fasilitas tersebut. Namun di balik kemudahan dan kepraktisan penggunaan listrik pra bayar, ada kalanya token PLN justru gagal terus sehingga menimbulkan masalah atau error pada aliran lsitrik. Bisa dibayangkan jika alarm yang menandakan angka kWH sudah mencapai limit sementara token PLN gagal terus, selain berisik tentunya malu juga sama tetangga.
Penyebab token PLN gagal terus
Ada beberapa faktor yang menyebabkan token PLN gagal, yaitu:
1. Server mengalami masalah atau error
dalam hal ini maka langkah terbaik adalah menunggu hingga server kembali normal agar token bisa masuk ke meter digital.
Salah ID meter, dimana ID meter bersifat unik dan token yang sudah dibeli terhubung dengan ID meter, sehingga jika Anda salah dalam order dan hal itu dinyatakan valid oleh server maka kemungkinan token tidak bisa masuk ke ID meter. Oleh karena itu pastikan bahwa order anda sesuai dengan ID meter agar token PLN tidak gagal terus.
2. Pemasangan Instalasi lsitrik yang tidak tepat
Pemasangan instalasi listrik yang asal-asalan tentunya akan menimbulkan masalah tersendiri, selain kegagalan dalam memasukkan kode token, hal ini juga bisa menimbulkan resiko yang membahayakan seperti konsleting. Jika Anda mengalami hal ini maka sebaiknya segera menghubungi petugas PLN terdekat.
3. Adanya masalah pada Meter Prabayar
Ada beberapa permasalahan yang muncul pada meter Prabayar, diantaranya adalah jika Anda melihat tulisan “Periksa”, “Cancel”, Logo Relay lepas, Tangan Dadah, Blocked, CTL bahkan Meter mati, maka sebaiknya Anda segera menghubungi PLN 123 dan menjelaskan kondisi tersebut, karena jika tidak maka bisa dipastikan Anda tidak akan pernah bisa mengisi token PLN.
4. Salah memasukkan token listrik
Seperti halnya kesalahan pada ID meter, kesalahan dalam memasukkan token listrik bisa menyebabkab token PLN gagal, hal ini dikarenakan token tersebut bersifat unik sehingga harus sesuai. Kemungkinan Anda salah dalam memasukkan jumlah digit saat menekan keypadnya, bisa saja digit yang dimasukkan kurang atau bahkan lebih. Dan jangan heran jika Anda salah memasukkan token tersebut selama 3 kali maka akan diblocked secara otomatis, rugi kan? Nah, jika Anda mengalami hal ini maka sebaiknya segera menghubungi PLN terdekat agar permasalahan Anda bisa diatasi dengan baik.
5. KWH yang over limit
Jika dalam 1 bulan jumlah yang telah dimasukkan melebihi batas maksimal, maka hal ini pun bisa menyebabkan terjadinya kegagalam token PLN karena kemungkinan KWH over limit. Kondisi ini dimaksudkan agar sebagai pengguna energi listrik dari PLN bisa menggunakan listrik tersebut sesuai dengan limit yang ada. Selain itu diharapkan pengguna listrik bisa menggunakan lsitrik secara lebih bijak dan tidak berlebihan.
Nah, sebelum Anda uring-uringan karena token PLN gagal terus pastikan bahwa token yang Anda masukkan benar dan sesuai jumlah digitnya.
Beberapa keuntungan pemakaian listrik token PLN:
Lebih mudah mengontrol pemakaian listrik
Melalui token PLN, pemakaian listrik lebih mudah terpantau karena pada dasarnya sistem ini memang mengajak pelanggan untuk menghemat listrik. Pelanggan token PLN akan lebih mudah mengendalikan pemakaian listrik ketika melihat langsung di mesin meter elektronik yang sudah berbasis sistem digital ini. Di situ akan terlihat jelas seberapa banyak kWh yang telah terpakai. Jika jumlah kWh dirasa sudah berlebih, kita bisa segera membatasi pemakaian listrik dan mengira-ngira berapa lama lagi pulsa listrik yang sudah dibeli akan habis. Mesin elektronik pun akan memberi tanda berupa bunyi alarm ketika sisa pulsa kita sudah minim. Dengan pemikiran “pulsa jangan sampai habis”, otomatis itu akan membuat kita terdorong untuk mengontrol pemakaian listrik.
Lebih hemat secara ekonomis
Efek penghematan secara ekonomis ini akan langsung terasa saat pelanggan tidak akan dikenai denda akibat telat membayar listrik. Kita tidak perlu khawatir dengan tagihan listrik yang tiba-tiba membengkak. Sistem token PLN juga lebih murah dibandingkan listrik pasca bayar karena pelanggan tidak harus membayar biaya administrasi, uang jaminan dll.
Penyesuaian kondisi ekonomi dan anggaran pengeluaran
Listrik merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Tentu pemakaiannya masuk dalam anggaran tetap bulanan. Dengan token PLN, pelanggan memiliki kebebasan untuk mengisi pulsa listrik sesuai kebutuhan sehari-hari dan kondisi keuangan. Kita juga dapat mengatur budget pengeluaran pribadi bila sudah mengetahui berapa banyak pulsa listrik yang kira-kira akan habis dalam sebulan.
Lebih efisien dan praktis
Pengunaan token PLN lebih efisien dalam menghemat waktu.Pelanggan tidak harus repot jauh-jauh membayar ke loket pembayaran listrik. Cukup membeli pulsa listrik dengan nominal tertentu di ATM atau gerai pulsa terdekat, maka kita sudah dapat menonton televisi, memakai setrika, menggunakan alat elektronik penanak nasi, dan lain sebagainya. Kita juga tidak harus terburu-buru dengan tenggat waktu pembayaran listrik pasca bayar (yang biasanya jatuh sekitar tanggal 20 setiap bulan). Pelanggan bebas memilih kapan saja ingin/butuh membeli daya listrik. Pula, dengan mesin elektronik token PLN yang sudah praktis ini, kita tidak perlu cemas karena tidak ada lagi kesalahan dalam pencatatan atau ketidaksesuaian antara pemakaian dan pembayaran.
Privasi pelanggan lebih terjamin
Poin ini mungkin terlihat tak terlalu penting, tetapi bila ditilik lebih lanjut, ini juga dapat menjadi keunggulan token PLN jika pelanggan mengingini privasi dan kenyamanan berlebih. Dengan memilih sistem ini, artinya pelanggan tidak harus bertemu langsung dengan petugas PLN yang mencatat meter listrik setiap bulannya. Mesin listrik elektronik prabayar telah mencatat rekor pemakaian listrik pelanggan secara otomatis.
moga aja bisa buat tambah tambah ilmu
METER LISTRIK PRABAYAR (TOKEN) PLN
Permasalahan Token PLN
PLN Menjamin 100% bahwa semua produk digital pulsa token PLN konsumen listrik
yang dihasilkan generator engine meter listrik bisa diinput pada semua jenis KWH meter
token, adapun permasalahan dilapangan yang sering terjadi adalah kendala teknis,
karena KWH token memiliki Intelegensi digital yang akurat,
dari mulai pendeteksian instalasi yang buruk, pemasangan arde ground tdk benar,
kelebihan beban pada kabel yg kurang sesuai dll, maka untuk memproteksi terjadi konsleting
(loncatan api) terkadang KWH token tidak bisa diisi pulsa dgn menunjukan eror kode seperti
dibawah ini, jika pengguna memahaminya maka bisa mencoba memperbaikinya sendiri dengan
kode-kode dibawah ini, dan jika tdk bisa ditangani sendiri maka hubungi pihak
kendala teknis PLN terdekat.
EROR Kode KWH Token PLN yang sering mundul
di merk (HEXING,CONLOG,STAR,ITRON dan merk lainya) adalah Kode : Periksa, salah, reject,
error : (Pastikan angka token yg dimasukan benar) jika no token sudah benar tapi masih ada
kendali dalam menginput token lakukan hal dibawah ini
Matikan KWH 1-3 menit, lalu masukan no token
PLN ada masalah pada Instalasi KWH Token lakukan reset dengan menekan 00 enter
jika KWH token tanpa ada tombol enter maka cukup masukan 00, maka KWH akan restart
dan masukan kembali No token (Kebanyakan metode ini berhasil)
Jika masih tdk bisa Hub. Kendala teknis PLN karena KWH mendeteksi kesalahan pada
instalasi listrik anda
Kode-kode KWH token secara umum
00 –>enter
–> reset meteran 07 –>enter
–>batas daya 09 –>enter
–>daya yg digunakan 90 –>enter
–>jumlah meteran tukar nyala 71–> enter
–>energi yang dibagi 03–> enter
–> sisa kwh 12399 mematikan Alrm buzzer (pada merk tertentu hanya mematikan 10 menit saja)
Kode Meteran PLN token (merk Hexing)
800 -> Stand Meter 801
-> Sisa Kredit 802
-> Tanggal 803 -> Jam 804
-> Nomor Seri KWH meter 805
-> SGC 806 ->
Alasan pemadaman 807
-> Status meter 808
-> Konstanta Meter (pulse/Kwh) 809
-> Berapa kali pemadaman 812
-> Matikan buzzer (jika diterapkan pada merk ITRON hanya mati 5-10 menit) 813 ->
Pemakaian KWH kemaren 814 ->
Pemakaian KWH berjalan 815 ->
Tanggal pengisian Credit terakhir 816 ->
Waktu pengisian terakhir 817 ->
Jumlah Credit dimasukan terakhir 820 ->
Token yang dimasukan terakhir 821 ->
Pemakaian KWH 1 bulan lalu 822 ->
Pemakaian KWH 2 bulan lalu 823 ->
Pemakaian KWH 3 bulan lalu 824 ->
Pemakaian KWH 4 bulan lalu 825 ->
Pemakaian KWH 5 bulan lalu 831 ->
Jumlah pengisian Credit 1 bulan lalu 832 ->
Jumlah pengisian Credit 2 bulan lalu 833 ->
Jumlah pengisian Credit 3 bulan lalu 834 ->
Jumlah pengisian Credit 4 bulan lalu 835 ->
Jumlah pengisian Credit 5 bulan lalu 851 ->
Total credit yang dimasukan ke Meter 852 ->
Token yang dimasukan 2 terakhir 853 ->
Token yang dimasukan 3 terakhir 854 ->
Token yang dimasukan 4 terakhir 855 ->
Token yang dimasukan 5 terakhir
SHORT CODE (HEXING)
801 SISA KWH
804 NOMOR SERI KWH METER
812 MEMATIKAN BUNYI BUZZER (ALARM)
818 NOMOR TOKEN TERAKHIR
852 NOMOR TOKEN KEDUA TERAKHIR
853 NOMOR TOKEN KETIGA TERAKHIR
854 NOMOR TOKEN KEEMPAT TERAKHIR
855 NOMOR TOKEN KELIMA TERAKHIR
CREDIT STATUS
WARNA HIJAU CREDIT MASIH SANGAT BANYAK
WARNA KUNING CREDIT MASIH CUKUP BANYAK
WARNA MERAH CREDIT SUDAH HAMPIR HABIS
WARNA MERAH BERKEDIP CREDIT SUDAH SANGAT KRITIS
SHORT CODE (ITRON)
37 SISA KWH
38 ENERGI KUMULTIF
41 TEGANGAN SAAT INI
47 DAYA SESAAT
54 KREDIT TOKEN TERAKHIR YANG DITERIMA
55 KREDIT TOKEN TERAKHIR KE-2 YANG DITERIMA
56 KREDIT TOKEN TERAKHIR KE-3 YANG DITERIMA
57 KREDIT TOKEN TERAKHIR KE-4 YANG DITERIMA
58 KREDIT TOKEN TERAKHIR KE-5 YANG DITERIMA
59 KREDIT KWH TERAKHIR
60 KREDIT KWH TERAKHIR KE-2
61 KREDIT KWH TERAKHIR KE-3
62 KREDIT KWH TERAKHIR KE-4
63 KREDIT KWH TERAKHIR KE-5
78 DURASI ALARM (WAKTU TUNDA DAPAT DIATUR MELALUI PAPAN TOMBOL
DENGAN KODE 123XXX, DENGAN XXX = WAKTU DALAM MENIT)
79 ALARM BATAS RENDAH KREDIT (PERINGATAN BATAS-RENDAH KREDIT
DAPAT DIATUR MELALUI PAPAN TOMBOL DENGAN KODE 456XX, DENGAN XX = ENERGI DALAM KWH, MINIMUM 05 KWH)
Komentar
Posting Komentar